KONFIGURASI vSPHERE MENGGUNAKAN vSPHERE CLIENT

Assalamu’alaikumwarrohmatullahiwabarokatuh. 🙂

Salam sejahtera bagi kita semua, setelah postingan pertama mengenai vSphere sekarang postingan selanjutnya akan dibahas bagaimana cara konfigurasi vSphere. Ada beberapa cara untuk melakukan konfigurasi vSphere antara lain menggunakan vSphere Client dan vSphere Web Client. Namun yang akan dibahas di postingan ini adalah konfigurasi menggunan vSphere Client karena untuk vSphere Web Client pertama kita harus membangun vCenter terlebih dahulu.
Untuk informasi bahwa vSphere client hanya tersedia untuk operating system windows yaitu berekstensi .exe dan bisa didownload disini. Download file tersebut kemudian install, ikuti langkah instalasi klik next sampai finish.
Sebelum kita remote menggunakan vSphere client terlebih dahulu kita pastikan alamat IP dari vSphere Servernya. Untuk konfigurasi IP vSphere Server kita masuk ke wizard vSphere dan tekan tombol F2 kemudian masukkan password saat waktu instalasi pertama kali.
Atur IP address di menu Configure Management Network.
Masuk lagi ke opsi IP Configuration.
Hendaknya lebih baik kita atur dengan IP static, sebagai contoh saya gunakan IP 192.168.156.200 untuk vSphere Server, Anda bisa gunakan IP yang lain sesuai manajemen pengalamatan IP masing-masing.
Tekan Enter, kemdian tekan lagi tombol Esc kemudian akan muncul konfirmasi berikut, kita tekan Y untuk menyetujui pengaturan network yang sudah kita tetapkan tadi.
Langsung saja di sisi client kita buka aplikasi vSphere Client kemudian masukkan alamat IP vSphere Server dan juga username beserta password.
Setelah login berhasil akan muncul jendela konfigurasi vSphere berbasis GUI yang memudahkan kita memulai membangun virtualisasi.
Sekian postingan sederhana untuk kali ini 🙂
Wassalamualaikumwarrohmatullohiwabarokatuh..

2 thoughts on “KONFIGURASI vSPHERE MENGGUNAKAN vSPHERE CLIENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *