Intervlan Mikrotik dan Switch HP

Assalamualaikum wr. wb.

Oke mas bro, next materi mengenai VLAN, sebagai networkers sudah tau dong apa itu vlan?. nah sekarang yang akan saya bahas mengenai penerapan VLAN di router Mikrotik sebagai penghubung antar VLAN (Intervlan) dan Switch HP, sederhana aja topologinya seperti gambar dibawah ini.

 

Selain itu karena menggunakan redundan dua link yang menghubungkan router dan switch maka digunakan juga teknik bonding menggunakan protocol LACP (802.3ad).
Langsung aja ke inti pembahasanya yang pertama konfigurasi di switch terlebih dahulu.

(more…)

BASE CONFIGURATION HP SWITCH

Assalamualaikumwarrohmatullohiwabarokatuh,

Bismillahirrohmanirrohim, salam sejahtera bagi kita semua 🙂 lanjut lagi tulisan mengenai HP device, pembahasan selanjutnya mengenai konfigurasi dasar perangkat HP masih dalam area switch. Berikut beberapa konfigurasi dasar di dalam switch HP
 
Connect Console
Seperti perangkat jaringan lainnya untuk masuk ke area console biasanya menggunakan hyper terminal berikut beberapa parameter-paramternya.
  • Bit per second : 9600
  • Data bit : 8
  • Parity : None
  • Stop bits : 1
  • Flow control : Xon/Xoff

Start emulator kemudian akan muncul terminal seperti berikut.

(more…)

VLAN, LACP, TRUNK SWITCH HP

Assalamualaikum Networkers,

Lanjut tulisan sebelumnya yang membahas tentang perangkat HP networking di pembahasan sekarang ini masih terkait tema yang sama yaitu mengenai switching menggunakan perangkat merek HP. Tulisan ini sebenarnya iseng-iseng aja, sekaligus buat dokumentasi konfigurasi jadi kalo mau konfig perangkat yang sama nantinya jadi ga lupa.hehe..
Oke, kali ini akan dibahas beberapa materi switching, antara lain VLAN, LACP, dan Trunking. Karena ini based on true story.hehe… maksudnya berdasarkan pengalaman topologi jaringan yang saya design di suatu projek, maka saya tentuin penomoran VLAN-nya seperti gambar berikut.

(more…)