Juniper SRX IPSec Aggressive Mode

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada pembahasan tulisan kali ini adalah mengenai implementasi Juniper SRX IPSec Aggressive Mode. Apa itu aggressive mode? yaitu mode yang digunakan apabila IPSec dalam implementasinya salah satu site menggunakan IP public dynamic. Oke, langsung saja guys.

 

JuniperSRX (Cabang)——– Modem ————— Modem ———JuniperSRX (Pusat)

                                      (Dynamic IP)                                                                                (Static IP)

Kasusnya adalah untuk menghubungkan kantor pusat dan cabang menggunakan IPSec via internet. Namun IP public yang digunakan pada kantor cabang menggunakan internet rumahan yang hanya menggunakan IP public dynamic yang didapat dari komunikasi PPPoE dengan ISP. Berikut konfigurasi PPPoE client pada Juniper SRX kantor cabang. (more…)

Juniper Filter Based Forwarding

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Alhamdulillah, puji syukur nikmat Allah SWT, hari ini bisa nambah satu tulisan lagi. Kali ini saya ingin membahas tentang Juniper dengan materi Filter Based Forwarding. Nah, apa sih Filter Based Forwarding? atau disingkat aja jadi FBF ya.hehe.. Jadi FBF ini merupakan istilah yang digunakan oleh platform Juniper untuk menentukan policy didalam routing. Dengan menggunakan FBF kita bisa mengklarifikasi setiap paket yang melewati router berdasarkan header paketnya seperti source IP, destination IP, source/destination port TCP/UDP. Jika dalam kondisinya paket tersebut match dengan policy yang ditentukan maka selanjutnya paket akan diteruskan berdasarkan routing instance yang dipilih. Nah? apa sih routing instance? sambil dibahas ntar dibawah ya. 🙂

Berikut gambar yang menjelaskan tentang konsep Filter-Based Forwarding.

1 (more…)

Juniper OSPF Load Balance

Assalamulaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, segala puji bagai Allah, bisa nambah lagi tulisan lagi dan bisa sharing lagi nih :). Tema yang mau ane bahas adalah tentang Juniper, ane ambil materi Load Balance menggunakan OSPF. Banyak cara untuk melakukan Load Balance, gan. Salah satunya adalah menggunakan dynamic routing protocol khususnya yang akan dibahas sekarang ini adalah OSPF. Langsung aja ya gan berikut contoh topologi yang digunakan untuk lab kali ini.

screenshot (more…)

Junos SRX IPsec Site to Site

Assalmualalaikum Wr. Wb.

Senang sekali Alhamdulillahirobal’alamin hari ini masih diberi kesehatan sehingga bisa nulis lagi nih.hehe… Akhir2 ini karena ada kerjaan buat konfig router Juniper SRX, ya sambil belajar dan biar gak lupa seperti biasalah nulis2 dikit hasil belajar di blog yang sederhana ini :). Gini, karena terkait ada permintaan client untuk komunikasi antar cabang menggunakan VPN dan perangkat yang digunakan adalah Juniper SRX, maka tema yang akan dibahas kali ini adalah mengenai IPsec VPN. Sebelumnya juga udah pernah dibahas sih mengenai IPsec tapi itu di Cisco ya, kali ini menggunakan Juniper SRX. Secara konsep sama aja sih, cuman beda di komenya aja.hehe..

Contoh labnya masih sederhana aja, yaitu seperti pada gambar berikut ini :

screenshot (more…)