SITE to SITE PPTP (Cisco dan MikroTik)

Assalamualaikum warrohmatullahiwabarokatuh,

Sesi curhat kali ini, (hehe..) saya ingin membahas tentang salah satu protocol VPN yaitu PPTP atau singkatan dari Point to Point Tunneling Protocol. Sudah tahu dong PPTP itu sering dipakai buat komunikasi VPN?. Ya, PPTP ini model komunikasi VPN-nya dibagi menjadi dua jenis, yaitu PPTP Server dan PPTP Client. Dimana PPTP server yang membuat komunikasi VPN dan PPTP client merupakan remote koneksinya.
Biasa-nya saya konfigurasi protocol ini menggunakan MikroTik, ya konfigurasinya cukup simpel lah gak terlalu sulit.hehehe.. (sombong dikit), namun karena akhir-akhir ini ada client yang request pengen bikin komunikasi PPTP tapi pakenya Cisco dia tanya bisa gak?. Dan dengan konsultasi ke mbah dukun, eh mbah google ternyata bisa dan ada konfigurasinya. Jadi saya jawab aja bisa.hehe.. Nah kali ini biar terdokumentasikan alias biar gak lupa saya coba curahkan isi hati, eh maksudnya isi konfigurasi PPTP di Cisco di sesi materi ini.
Ceritanya gini, client saya pengen bikin komunikasi VPN site-to-site menggunakan PPTP. Dimana Cisco-nya nanti dijadikan PPTP server dan dicabang-cabangnya alias PPTP client-nya tetep pake MikroTik. Ilustrasi topologinya kira-kira nanti seperti ini.

(more…)